Akses Lebih Mudah, Bisa Pesawat. Bisa Jalur Laut Jadwal Penerbangan dan Kapal Laut untuk ke Kaimana tersedia hanya pada hari tertentu saja dan dapat berubah-ubah setiap bulannya. Untuk mencapai Teluk Triton melalu transportasi udara anda dapat mengambil Wings Air, , Tri M, G Airlines atau Express Air untuk membawa anda ke Bandara Utarum, Kaimana.

Jika anda berangkat dari Sorong ke Kaimana juga tersedia. Penerbangan anda akan transit di Fak-fak kemudian dilanjutkan ke Kaimana selama sekitar 1,5 jam. Anda juga bisa mengambil penerbangan dari Ambon kemudian transit di Fak-fak kemudian dilanjutkan ke Kaimana.

Jika anda ingin menggunakan Kapal Laut, Anda bisa menggunakan KM. Ciremai yang berangkat dari Jakarta atau KM Tatamailau dari Manado yang akan mengantarkan anda ke Kaimana. Untuk menuju Teluk Triton ada Sebuah kapal pemerintah akan disediakan disana dan akan transit dibeberapa desa disekitar Teluk Triton. Anda juga bisa menyewa Perahu Motor atau Speedboat untuk pergi ke Teluk Triton. Dengan menggunakan Perahu Panjang anda bisa sampai ke Teluk Triton dalam jangka waktu sekitar 3 jam.

Di Teluk Triton anda bisa menyaksikan dan melihat Lukisan Dinding di Maimai, Hiu Paus di Lobo, Menyelam atau Snoorkelling di Termintoi, Teluk Triton. Di tempat ini anda hanya bisa berkeliling dan menikmati Mentari Senja dari Laut.

Teluk Triton di Kaimana, Papua, memilki rentetan pulau-pulau kecil, batu karang , air yang jernih dan pemandangan pantai dan bawah laut yang indah, Teluk ini tersembunyi di dekat Kampung Lobo. Kini surga yang tersembunyi ini mulai dikenal oleh para ahli biologi laut, para penyelam, dan mereka yang suka datang dan menikmati saat-saat matahari terbenam, dengan pemandangan langit yang spekatakuler. Mereka menjuluki lokasi ini sebagai “ The Fish Empire,” selain julukan “Kota Senja”, ada juga yang menyebutnya” The Lost Paradise” Para ahli-ahli itu telah berhasil mengidentifikasi 937 jenis ikan laut dan beberapa di antaranya adalah spesies baru yang hanya bisa ditemukan di Kaimana.

Mereka juga telah menemukan 492 jenis terumbu karang yang berbeda dan 16 di antaranya adalah jenis baru yang tidak ditemukan ditempat lain di dunia dan semuanya dalam kondisi sehat, mereka juga menemukan 27 Jenis udang lobster, dan 16 jenis penyu hijau. Teluk Triton ini memang masih belum populer dikalangan pencinta fotografi, atau orang-orang suka perpetualang dibanding lokasi-lokasi wisata pantai dan bawah laut lainnya di Indonesia tetapi sudah cukup banyak wisatawan yang datang berkunjung ke sini, baik wisatawan asing maupun domestik.

Keindahan karang lunak adalah salah satu daya tarik alam bawah laut di Teluk Triton. Disini anda akan dengan mudah menemukan Hiu Paus mencari makan serta Lukisan Kuno dari era Pra-sejarah disisi gunung yang melukiskan gambar telapak tangan dan hewan.

Ketika anda sudah mulai memasuki teluk triton anda akan merasakan sensasi berbeda seperti memasuki gerbang dunia fantasy, ini seperti cerita dongeng. Membuat anda tidak dapat mengeksperikan kegirangan itu, dan ketika speedboat dalam keadaan laju menghampiri bibir pantai, anda mungkin ingin melompat sekuat-kuatnya, terhempas keluar dari dek speedboat, dan berenang, menyelam hingga ke dasar laut. Oh, ini benar–benar menakjubkan! Anda dapat memulai liburan anda dengan berguling-guling di atas hamparan pasir putih di sepanjang pantai, berenang dan menyelam ke dalam dasar laut, memandangi warna-warni ikan-ikan dan terumbu karang yang indah. Oh, ini surga, surga yang terbenam oleh mata dunia, begitu kata orang-orang yang pernah bermain dan berenang di pantai ini. Anda akan terikat masa kecil anda ketika bersama kawan-kawan bermain dan berenang, menangkap ikan dengan sebatang kawat,di celah-celah karang, dan itu hal yang biasa. Hari ini dan kapan pun anda akan dating …maka anda dapat merasakan kenangan kecil anda bermain, memotret, berenang hingga senja indah datang memancarkan warna-warni di dengan pantulannya di atas permukaan air, menjadikan pemandangan teluk itu begitu menakjubkan.

Pada Lukisan Dinding dari berbagai corak masih belum bisa diartikan secara pasti, Terpajang bagaikan galleri alam disepanjang 1 Km di dinding tebing karang Kampung Maimai Kaimana, Papua Barat. Torehan lukisan merah menyala, tergurat jelas menandai jejak keberadaan suatu peradaban.

Lukisan dinding purba, begitu masyarakat setempat memanggilnya, terletak di tebing karang yang sulit terjangkau, tepatnya berada diketinggian 10 meter diatas permukaan laut. Memberi informasi pada usianya yang sangat panjang. Bisa saja, ketika peradaban ini ada, dan mulai menorehkan catatan kehidupan, struktur permukaan bumi tidak seperti yang terlihat hari ini. Tebing karang yang menjadi gallerinya, terangkat naik keatas, sehingga posisi lukisan ini jauh dari permukaan air. Sehingga untuk menikmatinya, harus puas hanya dari speedboat saja.

Di Teluk Triton anda dapat berenang bersama hiu paus, memegang kulitnya yang kasar seperti amplas. Anda juga dapat nyebur kemudian free dive. dengan memakai peralatan scuba diving dan menyelam bersama hiu paus. Jika anda tidak bisa berenang anda bisa menyodorkan tubuh di tepi speedboat memainkan tangan di dekat tubuh hiu paus. Anda juga bisa mengambil kamera saku untuk mendokumentasikan. Sebagai kenang-kenangan still photo bersama hiu paus. Meskipun begitu, melihat hiu paus di Kaimana, bahagianya tak kan pernah bisa terlupakan.

 

Menyelam bersama whale shark, kemudian scuba diving di banyak dive spot, snorkeling di tepi pantai, berjemur di pantai pasir putih, lalu mancing ikan konsumsi, semua bisa dilakukan di satu lokasi di Kaimana, yaitu perairan Teluk Triton. Langka sekali orang mau membuang waktu, uang dan tenaga untuk berkunjung ke sini sehingga kami ibaratnya kaya raya karena seolah kamilah pemilik pulau, pantai, dan lautan. Di sini semuanya serba private.

 

Dificulty: 

Stamina: 

Route : Jakarta/Bali – Timika – Kaimana (flight)
Guide : English, Bahasa, Locals

Accomodations : Hotel/homestay

JAKARTA:
Rukan Inkopal Blok G No. 58
Jl. Raya Boulevard Barat, 
Kelapa Gading, Jakarta Utara
CP: +62-821-2121-0021

PAPUA:
Jalan Enggang No. 4
Kuala Kencana - Timika  -  Mimika   
CP: +62-812-4061-6288 (Jenny)

EUROPE:
Schoenbrunner Schloss Strasse
11220, Vienna, Austria   
CP: +43-680-2323-597 (Reza)

English French German Italian Portuguese Russian Spanish