Friday, 04 March 2016 16:42

Adventure Carstensz Asal Papua Bidik Pasar Slovakia

Rate this item
(0 votes)

MADRID-“Wow, so strong…its good.’’ Begitulah komentar Laura Barbeira saat mencicipi kopi Papua di ajang pameran wisata Fitur Madrid 2016. Pemilik agen perjalanan wisata asal La Coruna, Spanyol tersebut memang tertarik untuk mengenal lebih banyak soal Indonesia. Salah satunya melalui kopi asal Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

 

Kopi tersebut dibawa langsung oleh PT Adventure Carstensz, operator wisata minat khusus yang berbasis di Timika, Papua. Laura adalah satu dari ratusan pengunjung yang mencicipi kopi asal Indonesia Timur tersebut. Kopi tersebut berasal dari ketinggian 2500-3000 mdpl di Papua.

Direktur PT Adventure Carstensz Rini Indyastuti mengatakan, memperkenalkan Papua tidak cukup dengan peta, gambar dan informasi tulisan. Namun, kata dia, kopi dapat menjadi sarana efektif agar calon pelancong merasakan langsung kopi Papua. “Promosi Tanah Papua akan lebih efektif jika calon turis juga merasakan langsung nikmatnya menyeruput kopi yang kami bawa,’’ kata Rini melalui keterangan resminya, Selasa (26/01/2016).

Wanita yang juga menjabat sebagai Chairman Somatua Foundation tersebut mengatakan, pihaknya membawa sedikitnya 15 kg kopi Papua ke Eropa. Sebelum dibawa ke Madrid, pihaknya juga mempromosikan kopi pada ajang Vakantiebeurs di Utrecht (Belanda) dan Ferien Messe di Vienna (Austria).

“Hasilnya cukup baik, efeknya tidak hanya pada kopinya saja yang mulai dikenal namun juga akan membuat para wisatawan penasaran untuk datang ke Papua,’’ kata Rini.

Rini mengatakan, program kopi ini bari kali ini dilakukan untuk mendampingi program ekowisata yang sudah dirintis bersama tokoh muda asal Papua, Maximus Tipagau.  Kopi tersebut berasal dari pertanian kopi rakyat di jalur wisata menuju Puncak Carstensz. Selain misi bisnis, kata Rini, pihaknya juga ingin memberdayakan masyarakat agar lebih sejahtera melalui pertanian kopi.

“Kami mencoba menjadi jembatan antara petani Kopi Papua dengan pembeli dari Eropa. Secara tidak langsung ini akan turut mendukung program wisata menuju Puncak Carstensz,’’ kata Rini.

Kehadiran PT Adventure Carstensz tersebut difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata RI. Sedangkan Fitur Madrid sendiri diikuti oleh sedikitnya 9.400 ekshibitor dari 160 negara di dunia. (*)

Read 1065 times Last modified on Monday, 14 March 2016 16:41

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

JAKARTA:
Rukan Inkopal Blok G No. 58
Jl. Raya Boulevard Barat, 
Kelapa Gading, Jakarta Utara
CP: +62-821-2121-0021

PAPUA:
Jalan Enggang No. 4
Kuala Kencana - Timika  -  Mimika   
CP: +62-812-4061-6288 (Jenny)

EUROPE:
Schoenbrunner Schloss Strasse
11220, Vienna, Austria   
CP: +43-680-2323-597 (Reza)

English French German Italian Portuguese Russian Spanish